INFAQ

Infaq (bahasa Arab: انفاق) adalah mengeluarkan harta yang mencakup zakat (hukumnya wajib) dan non-zakat (hukumnya sunah). Infaq wajib di antaranya zakat, kafarat, nazar, dan lain-lain. Infaq sunah di antaranya, infaq  kepada fakir miskin, sesama muslim, infaq bencana alam, infaq kemanusiaan, dan lain-lain. 

Harta yang kita miliki sesungguhnya hanyalah titipan dari Allah untuk menguji para hamba-Nya, apakah dengan nikmat berupa harta tersebut ia menjadi golongan orang yang bersyukur ataukah justru sebaliknya membuatnya menjadi orang yang kufur akan nikmat-nikmat Allah. Di antara bentuk implementasi syukur terhadap nikmat harta adalah dengan cara berinfak, yakni membelanjakan sebagian harta yang dimiliki di jalan Allah.

 Berinfaq merupakan ibadah maliyah (ibadah harta) yang sangat dianjurkan dalam islam. Infaq memiliki nilai sangat penting sebagai wujud kepedulian seorang muslim terhadap sesama. Dalam skala yang lebih luas, infaq juga bisa disalurkan untuk kemaslahatan umat seperti pembangunan sarana dan prasarana, penguatan sektor ekonomi, dan lain sebagainya.

Berinfaq tergolong amalan mulia yang tidak mudah dilakukan, karena amalan ini mengharuskan seseorang mengeluarkan sesuatu yang sangat dicintainya, yaitu harta. Itulah kenapa Rasulullah SAW menyebutnya sebagai burhan (bukti keimanan). Dengan kata lain, kesediaan seseorang untuk mau berinfaq merupakan salah satu bukti kebenaran iman seseorang.

Infaq adalah salah satu tema yang mendapat porsi pembahasan cukup banyak dalam Al qur’an. Banyak sekali ayat-ayat Al qur’an tentang berinfaq yang tersebar di berbagai surat dalam Al qur’an. Berikut ini beberapa ayat Al qur’an tentang berinfaq yang semoga bisa menjadi motivasi bagi kita untuk menjadi pribadi yang dermawan dalam membelanjakan harta di jalan Allah.

ذَلِكَالْكِتَابُلَارَيْبَفِيهِهُدًىلِلْمُتَّقِينَ * الَّذِينَيُؤْمِنُونَبِالْغَيْبِوَيُقِيمُونَالصَّلَاةَوَمِمَّارَزَقْنَاهُمْيُنْفِقُونَ

Kitab (Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan padanyam, petunjuk bagi mereka yang bertakwa, (2) (yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, menegakkan shalat, dan menginfaqkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka. (3) – (Q.S Al-Baqarah: 2-3)

لَنْتَنَالُواالْبِرَّحَتَّىتُنْفِقُوامِمَّاتُحِبُّونَوَمَاتُنْفِقُوامِنْشَيْءٍفَإِنَّاللَّهَبِهِعَلِيمٌ

Kamu tidak akan memperoleh kebajikan sebelum kamu menginfaqkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan sesuatu apapun yang kamu infaqkan, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui. – (Q.S Ali Imran: 92)

وَسَارِعُواإِلَىمَغْفِرَةٍمِنْرَبِّكُمْوَجَنَّةٍعَرْضُهَاالسَّمَاوَاتُوَالْأَرْضُأُعِدَّتْلِلْمُتَّقِينَ * الَّذِينَيُنْفِقُونَفِيالسَّرَّاءِوَالضَّرَّاءِوَالْكَاظِمِينَالْغَيْظَوَالْعَافِينَعَنِالنَّاسِوَاللَّهُيُحِبُّالْمُحْسِنِينَ

Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa, (133) (yaitu) orang yang berinfaq, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang-orang yang berbuat kebaikan, (134) – (Q.S Ali Imran: 133-134)

وَأَنْفِقُوافِيسَبِيلِاللَّهِوَلَاتُلْقُوابِأَيْدِيكُمْإِلَىالتَّهْلُكَةِوَأَحْسِنُواإِنَّاللَّهَيُحِبُّالْمُحْسِنِينَ

Infaqkanlah (hartamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu jatuhkan (diri sendiri) ke dalam kebinasaan dengan tangan sendiri, dan berbuat baiklah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik. – (Q.S Al-Baqarah: 195)

يَاأَيُّهَاالَّذِينَآمَنُواأَنْفِقُوامِمَّارَزَقْنَاكُمْمِنْقَبْلِأَنْيَأْتِيَيَوْمٌلَابَيْعٌفِيهِوَلَاخُلَّةٌوَلَاشَفَاعَةٌوَالْكَافِرُونَهُمُالظَّالِمُونَ

Wahai orang-orang yang beriman, infaqkanlah sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datangnya hari ketika saat itu tidak ada lagi jual beli, tidak ada lagi persahabatan dan tidak ada lagi syafaat. Dan adapun orang-orang kafir, mereka itulah orang-orang yang dzalim. – (Q.S Al-Baqarah: 254)

Harta yang kita miliki tidak sepenuhnya bersih. Di dalamnya juga terdapat hak-hak bagi kaum yang membutuhkan. Semoga beberapa ayat Al qur’an tentang berinfaq di atas bisa membangun kesadaran kita untuk semakin peduli kepada sesama, di antaranya dengan rajin berinfaq.

 

Semoga kehadiran WOI.OR.ID  menambah pengetahuan tentang  “Infaq” Semoga  bermanfaat dan menjadi amal jaryah. Aamiin. Wallahu a'lam