TIPS MEMPERCEPAT TERKABULNYA DOA

TIPS MEMPERCEPAT TERKABULNYA DOA

Terkadang kita merasa bahwa doa yang kita panjatkan tidak kunjung di kabulkan oleh Allah. mungkin di saat itu kita sedang di beri ujian keseriusan kita oleh Allah. Namun kita juga dapat berupaya dengan cara lain yaitu dengan cara sedekah, bisa dilakukan untuk mempercepat doa kita terkabul. Saat kita bersedekah, orang yang di sedekahi akan mendoakan kita. Doa orang-orang tersebut membantu agar doa kita dikabulkan.

Ibarat sedang memancing ikan, memang benar perlu bersabar menanti umpan dimakan ikan. Akan tetapi kita juga bisa melakukan introspeksi atau evaluasi, mengapa umpan kita lambat dimakan atau samasekali tidak di makan. Jangan-jangan umpan yang kita berikan kurang menarik bagi ikan. Oleh sebab itu kita bisa mengganti dengan umpan yang lebih diminati ikan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalaam memberi tahukan resep supaya doa kita lebih cepat terkabul, yakni sebagai berikut:

"Barangsiapa ingin agar do'anya terkabul dan kesulitan-kesulitannya diangkat hendaklah dia menolong orang yang dalam kesempitan." (HR Ahmad)

Sungguh luarbiasanya resep yang di berikan Rasulullah, Ketika kita ingin cepat doa terkabul, harapan terwujud, dan segala kesulitan sirna, ternyata caranya adalah dengan mengatasi kesulitan orang lain terlebih dahulu.

Mungkin kita selama ini hanya sekedar berdoa saja, tidak mau perduli dengan kondisi orang-orang yang ada di sekitar kita atau orang-orang yang sedang tertimpa musibah.  Padahal salah satu syarat datangnya pertolongan Allah adalah kerelaan kita menolong orang lain:

“Allah senantiasa menolong seorang hamba selama hamba itu menolong saudaranya”. (HR Muslim: 2699. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy Shahih)

Untuk menolong orang-orang yang sedang kesulitan, bias saja dengan cara bersedekah. Disaat seperti ini banyak orang-orang yang bermasalah di pinansialnya, atau pun kita dapat melihat ke pelosok-pelosok daerah yang jauh dari perkotaan, mereka banyak yang kesulitan mencari air bersih, di pendidikannya pun jauh tertinggal.

Jika kita masih memikiki kelebihan harta, kita bisa menginfakkannya untuk membantu kesulitan banyak orang, misalnya dengan mewakafkan tanah, kendaraan, bangunan, atau sumber pengairan, yang sekiranya bisa meringankan kesusahan banyak orang

Adapun resep Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalaam untuk memperlancar rezeki :

Nabi SAW bersabda kepada Zubair bin al- Awwam: "Hai Zubair, ketahuilah bahawa kunci rezeki hamba itu dibentangkan di Arsy, yang dikirim oleh Allah azza wajalla kepada setiap hamba sekadar nafkahnya. Maka siapa yang membanyakkan pemberian (sedekah) kepada orang lain, niscaya Allah membanyakkan baginya. Dan siapa yang menyedikitkan, niscaya Allah menyedikitkan baginya." (HR ad-Daruquthni dari Anas r.a.)

In syaa Allah doa apapun yang kita panjatkan akan bisa Allah kabulkan selama doa tersebut berupa kebaikan dan bukan dalam bentuk maksiat. Maka, tugas kita hanyalah terus berdoa, bersabar, dan mempercepat terkabulnya doa tersebut dengan meringankan kesulitan orang lain.

 

Demikian yang dapat disampaikan, Semoga kehadiran WOI.OR.ID  menambah pengetahuan tentang “Tips Mempercepat Terkabulnya Doa” Semoga bermanfaat dan menjadi amal jaryah.

 

Allahu a’lam