Tips Menjemput Jodoh

Tips Menjemput Jodoh

Dalam Alquran secara jelas disebutkan, seluruh makhluk yang diciptakan Allah SWT mempunyai pasangan. Ini adalah bukti keseimbangan alam semesta yang diciptakan dan ada dalam pemeliharaan-Nya. Firman Allah,

وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah. (QS. Adz-Dzariyat : 49)

Menurut ayat ini, makhluk yang diciptakan Allah secara berpasangan ternyata tidak hanya manusia, tetapi juga seluruh jenis makhluk. Hewan ada yang jantan dan betina, tumbuhan juga ada jantan dan betina, sampai kepada benda hidup dan benda mati. Dalam kaidah bahasa Arab, setiap kata benda (isim) digolongkan menjadi dua, yakni mudzakkar (maskulin) dan muannas (feminim). Biasanya, isim yang tergolong muannas ditandai dengan huruf ta marbuthah atau huruf ta ta’nis di huruf akhirnya. Ini menandakan isim tersebut tergolong muannas.

Banyak sekali ayat-ayat dalam Alquran yang menerangkan suatu objek secara berpasangan. Misalkan, Allah SWT selalu merangkai kata hidup dan mati dan mengulangnya dalam Alquran sebanyak 145 kali. Perbuatan baik dan buruk diulang sebanyak 167 kali. Allah menyebut dunia dan diikuti dengan pasangannya akhirat sebanyak 115 kali. Allah juga menyebut malaikat dan setan sebanyak 88 kali, faedah dan kerugian sebanyak 50 kali, kesusahan dan kesabaran sebanyak 114 kali, laki-laki dan perempuan sebanyak 24 kali, musibah dan syukur sebanyak 75 kali, dan seterusnya.

Jika sudah dipertemukan dengan pasangan atau jodohnya, maka Allah akan mengembangbiakkan menjadi laki-laki dan perempuan yang baik sekali. Jodoh merupakan Qadha yang harus di Ikhtiarkan.

Memang benar jodoh tersebut berada di tangan Allah SWT. Akan tetapi, bila tidak dijemput maka jodoh tersebut akan tetap berada di tangan Allah. Itulah yang membuat makhluk harus berikhtiar untuk mendatangkan jodohnya. Jodoh akan segera datang jika orang tersebut tahu cara menjemputnya dari tangan Allah. Ketika semua usaha sudah dilakukan, maka tinggal menunggu Allah memberikan jodoh tersebut kepada kita dengan caraNya. Berikut ini adalah tips menjemput jodoh dari tangan Allah SWT.

-         Perbanyak Berdoa 
Cara pertama yang harus dilakukan untuk menjemput jodoh dari tangan Allah adalah dengan memperbanyak doa. Ada orang yang dijauhkan dari jodohnya karena kurang berdoa, untuk itu berdoalah kepada Allah agar dibimbing menjadi dan menuju jodoh yang soleh dan sholehah. Akan tetapi, seperti yang diketahui bahwa doa yang terucap tidak langsung dikabulkan. Untuk itu disarankan untuk tidak bosan-bosan berdoa mengharapkan Allah mengabulkan doa tersebut.

 

Waktu yang paling tepat untuk berdoa adalah ketika selesai melaksanakan ibadah sholat. Disarankan untuk meminta ibu dan ayah serta keluarga turut berdoa, supaya energi doa menjadi lebih kuat dengan izin Allah. Ada baiknya tiap kali berdoa, diawali dengan beristighfar terlebih dahulu. Setelah itu bersholawat dan mengucapkan doa yang diinginkan.

 

-        Kenali Tanda-Tanda Allah
Setelah berdoa, langkah selanjutnya yang harus dilakukan untuk menjemput jodoh dari tangan Allah SWT adalah dengan memperhatikan tanda-tanda yang diberikan Allah. Biasanya setelah berdoa untuk meminta jodoh, beberapa waktu setelahnya Allah akan memberikan sebuah tanda, seperti akan datangnya lamaran yang datang ke rumah. Itu merupakan salah satu tanda dari Allah yang mengabulkan doa orang tersebut. Jangan pernah mengabaikan tanda dari Allah walaupun sekecil biji zarah, tetaplah bersyukur.

 

-         Sedekah Mempercepat Terkabulnya Do’a
Rajin bersedekah menjadi salah satu upaya untuk menjemput jodoh yang berada di tangan Allah SWT. Selain dapat mempercepat terkabulnya doa mendapatkan jodoh, sedekah juga memiliki manfaat yang luar biasa. Seperti membuka pintu rezeki, menjauhkan diri dari sifat kikir, serta membuat orang selalu bersyukur.

 

-         Lalui Situasi Itu 
Setelah melakukan berbagai usaha untuk menjemput jodoh seperti berdoa, mengenali tanda-tanda Allah dan bersedekah kiat yang terakhir adalah melalui situasi tersebut. Laluilah situasi ini dengan penuh tawakal kepada Allah dan tunggulah hingga Allah mengabulkan doa untuk mendapatkan jodoh tersebut. Ketika doa tersebut sudah terkabul, maka perbanyaklah syukur kepada Allah.

Itulah tips menjemput jodoh dari tangan Allah SWT. Tidak cukup sampai disana, teruslah libatkan Allah sejak awal perjuangan dalam menjemput jodoh. Teruslah berusaha dan berdoa lalu serahkan segala sesuatunya kepada Allah SWT.

 

 

Demikian yang dapat disampaikan, Semoga kehadiran WOI.OR.ID  menambah pengetahuan tentang “Tips Menjemput Jodoh” Semoga bermanfaat dan menjadi amal jaryah.

 

Allahu a’lam