PENGERTIAN WAKAF DAN JENISNYA

PENGERTIAN WAKAF DAN JENISNYA

“Jika anak Adam meninggal, maka amalnya terputus kecuali dari tiga perkara, sedekah jariyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan anak soleh yang berdoa kepadanya.” (HR Muslim)

Demikianlah Hadist Nabi Shalallahu Alaihi Wassalam terkait dengan perkara-perkara yang pahalanya tidak akan terputus meskipun seseorang telah meninggal dunia, salah satunya adalah dengan beramal jariyah.

Wakaf merupakan sarana untuk beramal jariyah. Wakaf berdasarkan ketentuan agama dengan tujuan taqarrub kepada Allah SWT untuk mendapatkan kebaikan dan ridha-Nya. Mewakafkan harta benda jauh lebih utama dan lebih besar pahalanya daripada bersedekah biasa, karena sifatnya kekal dan manfaatnyapun lebih besar.

 Wakaf menurut istilah syar’i memiliki arti sebagai suatu ungkapan yang mengandung penahanan terhadap harta milik orang lain tersebut kepada orang lain ataupun suatu lembaga dengan cara menyerahkan benda atau harta yang sifatnya kekal agar bisa diambil manfaatnya oleh masyarakat.

Banyak juga orang yang ingin menunaikan wakaf, namun tidak tau jenis-jenis wakaf. Berikut jenis-jenis wakaf :

Berdasarkan Peruntukan

Wakaf Khairi (kebajikan) adalah wakaf yang secara tegas untuk kepentingan agama (keagamaan) atau kemasyarakatan (kebajikan umum).

Wakaf ahli (wakaf Dzurri/wakaf ’alal aulad) yaitu wakaf yang diperuntukkan bagi kepentingan dan jaminan sosial dalam lingkungan keluarga, dan lingkungan kerabat sendiri.

Berdasarkan Jenis Harta
            v  Benda tidak bergerak:

Hak atas tanah : hak milik, strata title, HGB/HGU/HP

Tanaman dan benda lain yang berkaitan dengan tanah

Bangunan atau bagian bangunan atau satuan rumah susun

Benda tidak bergerak lain

                    v  Benda bergerak berupa uang (Wakaf tunai, cash waqf)

                    v  Benda bergerak selain uang, terdiri dari:

Benda dapat berpindah

Benda bergerak selain uang

Air dan Bahan Bakar Minyak

Benda bergerak karena sifatnya yang dapat diwakafkan

Surat berharga

Benda dapat dihabiskan dan yang tidak dapat dihabiskan

Hak Atas Kekayaan Intelektual:

Hak atas benda bergerak lainnya

Berdasarkan Waktu:

Muabbad , wakaf yang diberikan untuk selamanya

Mu’aqqot, wakaf yang diberikan dalam jangka waktu tertentu

Berdasarkan penggunaan harta yang diwakafkan

Ubasyir/dzati; harta wakaf yang menghasilkan pelayanan masyarakat dan bisa digunakan secara langsung seperti madrasah dan rumah sakit) .

Mistitsmary, yaitu harta wakaf yang ditujukan untuk penanaman modal dalam produksi barang-barang dan pelayanan yang dibolehkan syara’ dalam bentuk apapun kemudian hasilnya diwakafkan sesuai keinginan pewakaf.

Semoga kehadiran WOI.OR.ID  menambah pengetahuan tentang  “wakaf dan jenisnya” Semoga  bermanfaat dan menjadi amal jaryah. Aamiin.

Wallahu a'lam