Saat Musim Hujan Tiba, Warga Dusun Sukoharjo
Tetap Sulit Mendapatkan Air Bersih
 

 

 
 

 

Odoo CMS - a big picture


"Jika meninggal anak Adam, maka terputuslah amalnya kecuali tiga hal. Shadaqah Jariyah, Ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang mendoakan orang tuanya" (H.R. Muslim)

"Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu , Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang Mukmin, maka Allâh melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat" (H.R. Muslim)

Saat Musim Hujan Tiba, Tetap Sulit Mendapatkan Air Bersih.

Saat musim penghujan tiba, warga Dusun Sukoharjo bisa sedikit bernafas lega karena lingkungan tidak begitu kering. Namun persoalan air bersih tak pernah hilang dari kehidupan mereka. Sebagian sumur penampung air hujan bahkan tetap tidak terisi. Sedangkan sebagian yang terisi, volumenya tidak pernah banyak dan kondisinya tetap keruh. “Bahkan masuk musim penghujan saat ini sumur yang digali oleh warga di dekat sungai pun tidak meningkat debitnya,“ ujar Didik Wahyu, tim survei Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA), Kamis (7/3/2019).

Mau tidak mau, untuk kebutuhan minum dan masak mereka tetap bergantung pada sumber air di Dusun Dukuh. Untuk kebutuhan lain seperti mencuci pakaian, mandi dan BAB, masyarakat memanfaatkan sungai yang terletak di perbatasan dusun. Walaupun sungai tersebut pernah menelan korban jiwa, namun kondisi memaksa masyarakat untuk tetap bercengkrama dengannya.

KONDISI SEPERTI INI TAK BOLEH KITA BIARKAN TERJADI BERLARUT-LARUT.

Tim BWA bergegas melakukan survey dan melakukan tes geolistrik ke beberapa titik di dusun yang potensial terdapat akuifer (lapisan yang membawa air) didampingi warga masyarakat. “Alhamdulillah, setelah tes geolistrik akhirnya didapat titik yang potensial untuk dilakukan pengeboran air. Dari titik ini BWA akan membuat instalasi untuk wakaf sarana air bersih," ungkap Didik dengan senyum mengembang.

Rencana Program

Untuk mengurangi beban warga Sukoharjo, BWA pun berencana membangun sarana air bersih dalam tiga tahap. Pertama, membuat sumur bor sedalam 110 meter. Kedua, pipanisasi dari sumur bor ke bak penampungan warga. Ketiga, menambah volume bak penampungan warga dari 9000 Liter menjadi 12.000 Liter.

Mari sukseskan proyek Wakaf Sarana Air Bersih di Dusun Sukoharjo, Desa Argodadi, Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul, Yogyakarta, dengan berwakaf di Wakaf Orang Indonesia…!!!

Semoga Allah SWT. memberikan pahala yang terus mengalir dari setiap tetes air yang mereka gunakan untuk keperluan sehari-hari. Aamiin

Wakaf Sekarang dengan cara klik tombol Donasi di bawah ini…!!!


Alamat         :  Jl. Tebet Timur Dalam I. No.1

Tebet, Jakarta Selatan, 12820

Whatsapp    : 081385382029

Email               : info@woi.or.id